Cloud Computing (Asal Coret)

Cloud Computing, kata ycloud-computing-442x400ang lagi booming tuh untuk pengguna internet.
mungkin masih banyak yang ga terlalu mengerti tentang cloud computing, makanan seperti apa???minuman seperti apa?? ato bahkan bentuk nya apa sih???
masih banyak yang bingung, yang ga paham, seperti ane ini yang bingung. loh… ko yang bahas malah bingung, kepriwe ini hahahaha
ga usah bingung-bingung klo gitu, gampang aja. tinggal tanya wikipedia too, hahahahha
ni menurut wikipedia arti dan penjelasan tentang cloud computing
Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.
intinya kalau menurut ane, segala sesuatu yang dilakukan untuk pemanfaatan teknologi komputer berbasis internet, ga usah mikir lisensi tiap aplikasi, ga mikir space HDD yang digunakan. tinggal bayar sesuai kebutuhan tiap bulan nya di provider Cloud Computing. simple kan
Bedasarkan jenis layanannya, Cloud Computing dibagi menjadi berikut ini
1. Software as a Service (SaaS)
layanan dari Cloud Computing dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Kita cukup tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Contoh: layanan email publik (Gmail, YahooMail, Hotmail, dsb), social network (Facebook, Twitter, dsb) instant messaging (YahooMessenger, Skype, GTalk, dsb) dan masih banyak lagi yang lain.
2. Platform as a Service (PaaS)
layanan dari Cloud Computing dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, network, databbase engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Kita tidak perlu pusing untuk menyiapkan “rumah” dan memelihara “rumah” tersebut. Yang penting aplikasi yang kita buat bisa berjalan dengan baik di “rumah” tersebut. Untuk pemeliharaan “rumah” ini menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan. Contoh penyedia layanan PaaS ini adalah: Amazon Web Service, Windows Azure,  bahkan tradisional hosting-pun merupakan contoh dari PaaS.
3. Infrastructure as a Service (IaaS)
layanan dari Cloud Computing dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb). Kita bisa definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa. Mudah-nya, IaaS ini adalah menyewa komputer virtual yang masih kosong, dimana setelah komputer ini disewa kita bisa menggunakan-nya terserah dari kebutuhan kita. Kita bisa install sistem operasi dan aplikasi apapun diatas-nya. Contoh penyedia layanan IaaS ini adalah: Amazon EC2, Windows Azure (soon), TelkomCloud, BizNetCloud, dsb.

Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

http://www.cloudindonesia.or.id/apa-itu-cloud-computing.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s